Instalasi Xammp untuk aplikasi server dari ji-software untuk program penjualan dan stok

Bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi software dari ji-software dot com, agar mudah di maintenance dan diaplikasikan dengan jaringan LAN (client server) ada baiknya install aplikasi xammp  agar mudah backup dan maintenancenya, 

tapi sebelumnya kita bahas sedikit mengenai xammp
Apa itu aplikasi server?

Ya, kita bisa tetap membuat website di PC komputer / laptop, dengan menjadikan PC kita seolah-olah seperti server.

Langkah ini juga sering digunakan bagi oleh para web developer yang sudah mahir sekalipun, untuk membuat website di komputer kerja mereka, sebelum mereka mengupload hasil kerjanya ke server hosting.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menginstal aplikasi server localhost di PC kita.

Salah satu aplikasi server localhost serta yang paling banyak digunakan dan cukup familiar di kalangan web developer saat ini adalah XAMPP.

Aplikasi XAMPP ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung diunduh dari situs mereka. Isi aplikasinya juga sudah sangat komplit, antara lain:

Apache
MySQL
PHP
phpMyAdmin
FileZilla FTP Server
Tomcat
XAMPP Control Panel
Untuk itu, kali ini saya akan menuliskan tentang panduan cara instal XAMPP di komputer.

Berhubung saya pakainya Windows, maka panduan ini juga diperuntukkan bagi pengguna PC Windows ya. Namun kurang lebih untuk sistem operasi lain, caranya hampir sama lah.

Oke, kita langsung praktek ya..!!


Cara Instal XAMPP Di Windows

1. Download dulu aplikasinya disini
2. Dobel klik file XAMPP yang baru saja Anda download, nanti selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:

3. Pilih Bahasa, disini saya gunakan english saja
4. Selanjutnya next saja, jika ada pesan lainnya abaikan saja
5. 
6. Kemudian anda diminta untuk meletakkan folder instalasinya, standarnya adalah c://xammp, tapi jika ingin diletakkan pada folder atau drive lain silakan pilih


7. Tunggu Beberapa saat sampai FINISH
Berikutnya, akan muncul jendela dialog seperti gambar di bawah ini yang menanyakan Anda apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.


Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP


1. Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP. Atau, jika Anda membukanya begitu proses instalasi selesai maka klik Yes seperti yang terlihat pada gambar di atas.

2. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.


Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.



Selanjutnya kita akan meng-install aplikasi penjualan dan stok dari ji-software.com dari 

Klik caranya disini

Pilihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel