Contoh Dokumen Stock Opname

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana contoh dokumen stock opname, sebaiknya kita membahas dulu apa itu dokumen stock opname. Stосk Oрnаmе аdаlаh kеgіаtаn реnghіtungаn ѕесаrа fіѕіk аtаѕ реrѕеdіааn bаrаng dі gudаng уаng аkаn dіјuаl. Sесаrа umum, kеgіаtаn іnі dіlаkukаn gunа mеngеtаhuі ѕесаrа раѕtі dаn аkurаt mеngеnаі саtаtаn реmbukuаn уаng mеruраkаn fungѕі dаrі ѕаlаh ѕаtu ѕіѕtеm реngеndаlіаn іntеrnаl.

Dalam bahasa keseharian biasanya pada pengusaha menyebutnya menghitung ulang stok yang ada, baik secara riil fisik dilapangan atau stock yang sudah dipertimbangan untuk dihitung sebelumnya.

Apa tujuan dari stock opname, stock opname bertujuan untuk mengetahui jumlah riil stock yang kelihatan, dan tujuan berikutnya adalah agar bisa mengcross check data barang yang hilang, rusak, stock yang sudah keluar dan tentunya nanti akan berguna untuk mengambil kebijakan selanjutnya. 

Didalam pelaksanaannya, biasanya para pengusaha atau pebisnis yang menjual atau memasarkan produk fisik langsung melakukan stock opname setiap bulan, bahkan ada yang dilakukan per hari. Tergantung dari kebijakan daripada perusahaan tersebut. 

Untuk mempermudah hal tersebut admin disini akan coba menganalisa, sekaligus menjabarkan aplikasi software stock gudang, dimana ada fitur stock opname. yang diharapkan nantinya bisa menampilkan Contoh Dokumen Stock Opname.

Software Aplikasi yang kami jabarkan disini adalah software stok gudang sekaligus penjualan distributor. Dan kebetulan bahasa yang kami gunakan dalam software ini, untuk stockp opname barang adalah INPUT KOREKSI STOK 


Setelah diklik Menu Input Koreksi Stok, maka akan dihadapkan pada menu berikut (lihat gambar dibawah)


  1. Kode Barang, jika barang tersebut sudah menggunakan Barcode bisa langsung scan langsung dengan scan barcode, aternatif jika tidak ingin nama barangnya bisa menekan tombol titik titik disamping dan mencari berdasarkan nama barangnya, bisa lihat gambar dibawah diatas
  2. Nama barang akan terisi otomatis jika sudah menemukan kode barang atau barcode yang cocok
  3. Satuan juga akan terisi otomatis, sesuai dengan satuan yang telah ditentukan pada master data barang.
  4. Stok Sebelum, adalah stok yang terhitung pada database aplikasi yang ada.
  5. Pada kolom kelima ini yang penting dilakukan, apakah barang tersebut bertambah atau berkurang, dan disebabkan oleh karena apa barang tersebut bertambah atau berkurang ?, hal ini harus dilihat juga dengan kondisi fisik barang yang ada.
  6. Isi kolom bertambah berapa, atau isi kolom berkurang berapa jika adanya perubahan pada stok tersebut.
  7. Jangan lupa disini keterangan kenapa bisa bertambah atau kenapa bisa berkurang ?.
Dan dari Aplikasi tersebut bisa kita lihat nantinya hasil pelaporan apa saja yang sudah dilakukan pada menu fitur koreksi stok untuk menghasilkan contoh dokumen stock opname. 
Untuk melihat contoh dokumen stock opnamenya bisa dilihat pada gambar berikut :




Dari Laporan sederhana ini sebenarnya sudah merupakan sebuah contoh dokumen Stock Opname, dan tentunya dari laporan sederhana ini juga nantinya akan bisa diberikan kepada atasan atau manager di tempat kerjanya untuk memberikan laporan dokumen stock opname.
Untuk menggunakan aplikasi ini bisa anda kunjungi website resmi penjualan aplikasi stok gudang dan penjualan di http://ji-software.com, dan silakan di coba demonya pada menu download, atau bisa juga langsung menghubungi kami subdomain di http://programstok.ji-software.com, silakan dibaca-baca atau bisa langsung kontak kami dinomor Handphone yang tertera pada website tersebut.

Atau bisa juga melihat Video demo di channel kami




Selamat mencoba,
Semoga bermanfaat.

Pilihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel