Program Stok Gudang Kontrol Dengan VB.Net

Pada website resminya http://ji-software.com stok gudang kontrol versi terbaru telah dirilis dan sudah bisa dipesan melalui web tersebut atau bisa juga menggunakan rekber via bukalapak. Pada versi ini dimana bahasa pemprograman yang digunakan adalah visual basic net yang notabene sudah mempunyai performa yang stabil untuk beberapa beberapa versi windows, terutama windows 10 yang sudah mulai banyak digunakan pada komputer-komputer saat ini. Walapun tampilan yang kami buat disini cukup sederhana.

Program stok gudang kontrol ini, di bagi menjadi dua versi di dalam penggunaannya :

  1. Stok gudang Kontrol Standar yaitu program stok gudang kontrol yang hanya bisa digunakan pada satu komputer atau standalone. bisa dibilang hanya bisa ber operasi pada satu komputer tanpa menggunakan jaringan. Biapun sebenarnya bisa di install pada banyak komputer, akan tetapi tidak bisa terhubung databasenya.
  2. Stok gudang kontrol Pro yaitu program stok gudang yang bisa digunakan pada Jaringan komputer dengan menggunakan jaringan LAN, atau bisa dibilang terkoneksi dengan satu database antara client dengan server.

Fitur-Fitur yang digunakan tetap sama, Program ini sudah bisa digunakan pada usaha pergudangan yang memiliki banyak cabang, dimana data stok di setiap cabang bisa dibaca dengan melihat laporan. 




Untuk fitur-fitur yang ada bisa dilihat seperti berikut :


Master Data
Fitur master data adalah fitur pertama kali yang harus di isi, diantaranya adalah :

Master Data Barang

Kode barang
Bisa di input menggunakan scanbarcode dan bisa input data dengan tambahan KODE UNIK, seperti Kode IMEI handphone, atau nomor seri jika barang tertentu dan lain sebagainya yang membedakan daripada kode barang.

Jika di centang atau di aktifkan maka, pada saat barang masuk keluar maka kode unik harus di input.

Dan selanjutnya isi data Nama barang, kategori barang, satuan barang, harga pokok pembelian (usahakan tambahkan juga ongkir), Nama agen atau supplier barang tersebut, Nomor seri dan stok.
Untuk jumlah stok untuk pertama kali input cukup masukkan data barang yang ada saja. untuk selanjutnya dapat bertambah sendiri setelah ada transaksi pembelian.

Untuk Melihat detail kode unik : Klik kanan pada baris barang yang ingin dilihat kode unik nya dan pilih detail kode unik.


Tips : Agar cepat terlihat untuk melakukan pencarian data barang, gunakan kolom teks pencarian. dan ketikkan nama barang atau kode barang, lalu tekan tombol refresh


Begitu juga untuk cara input master data supplier dan master data cabang, gampang kan..!!!

Selanjutnya untuk memasukkan barang masuk / pembelian akan di lakukan pada Fitur Transaksi, diantaranya adalah :

1. Input Barang Masuk

Untuk input barang adalah barang masuk yang didapat dari supplier / agen / distributor. Lakukan transaksi tersebut pada menu ini.


Klik tombol Tambah, untuk menambahkan transaksi adanya barang masuk


Masukkan nomor faktur yang didapat dari agen / supplier anda, mungkin bisa berupa surat jalan atau struk atau nota sejenis yang bisa anda samakan dengan milik mereka, dan sesuaikan nama supplier tersebut.
Input kode barang sudah bisa menggunakan scan barcode. Jika data barang tersebut baru atau belum ada pada pada master barang anda, anda bisa menambahkan nama barang tersebut dengan menekan tombol plus (+), dan jika menggunakan kode unique sepertik IMEL, nomor rangka, Nomor Seri yang sejenis yang diperlukan pada barang tersebut, jika tidak ada maka anda bisa memasukkan kode bebas saja. 
Terakhir tekan tombol Centang pada tombol.
Jika ada salah dalam input barang masuk tersebut, anda bisa menekan tombol edit di bawah baris tersebut. (lihat pada gambar diatas)
Hilangkan centang pada cetak tanda terima jika tidak ingin mencetak tanda terima barang tersebut. begitu juga sebaliknya centang aktifkan jika tanda terima barang tersebut ingin di cetak.
Klik tombol SIMPAN jika selesai, dan begitu juga untuk langkah-langkah selanjut nya untuk memasukkan barang masuk pada gudang anda.



2. Input Barang Keluar

Barang Keluar adalah barang-barang yang akan dikirim ke cabang-cabang, jadi untuk program stok gudang kontrol dengan VB.Net ini hanya mengelola gudang tidak ada penjualan.


Harap diperhatikan, di dalam hal pengiriman barang ke cabang pastikan bahwa cabang tujuan sudah benar, dan nama barang beserta kode unik sudah dipastikan benar, agar tidak terjadi kesalahan, ada baiknya scan barcode kode uniknya. jika lupa kode unik nya maka bisa dilihat dulu pada master data barang.
Tentukan jumlah yang akan dikirim, da surat jalan pengiriman tercetak jika men-centang tanda cetak nota.

Contoh Surat jalan Stok Gudang Kontrol


3. Input Mutasi Barang

Pada fitur mutasi barang ini adalah, pemindahan stok / permintaan barang antar cabang. maksudnya adalah : misal. Permintaan dari gudang 02 untuk barang A sudah habis di Gudang utama (GDG), akan tetapi stok barang A masih ada di Gudang 01, maka barang A tersebut bisa minta untuk perpindahan ke gudang 02.
Kata singkat nya adalah : Mutasi / Pemindahan barang antar gudang



4. Input Koreksi Stok

Koreksi stok biasanya disebut stok opname, hal ini dilakukan jika ada permasalahan dalam jumlah stok, Penyebab dilakukan nya stok opname diantaranya : Item barang expired, Barang Rusak kemasan, Salah Hitung secara real dan human error lainnya.
Pastikan bahwa keterangannya benar, dikarenakan akan sangat berpengaruh ke laporan koreksi stok.

Untuk lengkap bentuk-bentuk laporan maka, anda bisa mencoba download demonya, Pilih list nomor 2. Atau bisa menghubungi kami jika ada kendala

Untuk Tutorial Singkatnya, silakan download

Pilihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel