Perubahan Algoritma Google, Membuat CPC menurun ?

Akhir-akhir ini banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh banyak para blogger, web developer bahkan pebisnis yang memasarkan produk atau jasanya lewat online, terutama pemasaran mereka lewat google.

Diantara banyak keluhannya adalah CPC yang menurun drastis sekali di, CPC adalah biaya per klik iklan yang tampil pada halaman blog. Simpelnya kalau bahasa kita, kalau ada yang klik iklan yang tampil pada website / blog anda, dan pengunjung mengklik iklan tersebut. Maka anda atau pemilik website tersebut akan mendapat persentase keuntungan dari iklan tersebut, siapa yang memberi ? ya.. google. 
Terus google dapet darimana ?, google dapat uang dari peng iklan yang memasang pada google.. lihat contoh pemasangan iklan berbayar pada google.

Ketika seseorang mengetikan atau mencari di google dengan kata kunci program aplikasi stok gudang kontrol maka akan tampil beberapa link website dibawahnya, kalau dilihat dari gambar diatas, website pertama ada tulisan IKLAN berarti website tersebut membayar ke google untuk bisa tampil seperti itu. dan jika tampil pada halaman pertama maka potensi website tersebut di klik sangat mungkin sekali.
Sedangkan pada kotak merah kedua tidak ada tulisan IKLAN nya, berarti website tersebut tidak membayar ke google, website terebut hanya MENANG menggunakan keyword program aplikasi stok gudang kontrol. Sampai disini saya kira paham bagaimana bentuk website berbayar dan tidak berbayar pada google. 
Paham juga ya, dapet duit darimana google ?, ingin lebih jelasnya lain waktu admin bahas lagi mengenai cara membayar iklan pada google agar bisa tampil halaman satu pada google.com

Kembali ke bahasan awal yaitu, CPC menurun, hal ini diakibatkan berubahnya algoritma yang dilakukan oleh pihak perusahaan google. Apa saja perubahan terjadi ?, dari yang saya amati. Terdapat beberapa perubahan yaitu :

1. Tidak bisa lagi satu kata kunci bisa menembus satu website yang tampil beruntun atau langsung banyak.
Dulu, mungkin sering kali anda ketikkan berita sesuatu, maka website tribun akan sangat mendominasi, bahkan bisa muncul sampai 5 dan 7 halaman. Sekarang tidak bisa lagi, paling satu atau dua saja yang muncul, itupun kalau keywordnya kuat. 

2. Biaya iklan untuk google sudah sangat murah sekarang, bahkan pernah saya memasang iklan di google bisa hanya 20k saja perharinya, akan dibahas lain kali kalau ingin memasang iklan di google.com. Jadi secara otomatis bagi hasilnya pun akan kecil bagi publisher blog.

3. Algoritma yang dipakai sudah menggunakan algoritma bernama HummingBird. Sekarang perhatikan bedanya :

Dulu para pakar SEO sering sekali menerapkan keyword dari hasil riset mereka, dan setelah didapat keyword yang mantap, maka keyword akan di tempelkan semua kedalam artikel website mereka, bahkan berulang-ulang mereka menempelkan keyword tersebut. Bahkan penulisannya pun berulang-ulang seperti yang ada pada keyword planner.

Sekarang setelah menggunakan algoritma HummingBird tidak bisa lagi seperti itu, sekarang tidak lagi perlu pusing-pusing menggunakan keyword di dalam artikel atau konten anda, asalkan saja keyword tersebut memang tentang artikel anda. Google akan paham sendiri, (hebat kan..!!!). 
Misal anda mengincar keyword : Program Aplikasi Stok dan Penjualan Distributor untuk keyword tersebut tinggal anda buat saja artikelnya yang berisi tentang review Program Aplikasi Stok dan Penjualan Distributor tersebut. 

Kira-kira seperti itulah cara kerjanya algoritma HummingBird tersebut. Dengan begitu google akan paham sendiri apa sebenarnya yang di tulis di dalam artikel tersebut.

Dari ketiga hal tersebut, mungkin masih banyak yang perubahan lainnya, tapi untuk sementara yang saya analisa sebatas itu dulu, mungkin di lain hari akan saya pelajari lagi lebih mendalam. he he he

Terus bagaimana dengan para blogger pemula, seperti saya.. ? ada beberapa tips yang saya minta dari teman-teman blogger, Jadi jika ingin tetap bertahan menjadi blogger dan, berikut tipsnya :

1.  Keyword 
2. URL
3. Backlink
4. 300 - 2000 kata

Keyword
Cukup pasang pada judul, untuk isi artikel tidak perlu lagi anda berulang-ulang mengetik keyword tersebut, cukup jelaskan saja dari judul tersebut. dan tidak perlu anda tandai berlebihan, misal. setiap keyword diberi bold / underline / italic. sesuaikan saja pada tempatnya

URL
URL yang dimaksud disini saya kira adalah link yang di inspeksikan pada google search, 

Tampilan google search console terbaru.

Cukup memasukkan link judul anda pada google search console, agar terindex oleh google ini menurut hemat saya cukup seperti itu, jika ada cara lain. mungkin bisa kasih tahu saya di kolom komentar di bawah.. hehehe

Backlink
Backlink cukup berikan link pada text saja, tidak perlu lagi dengan kata lain seperti download klik sini, unduh disini, dan lain sebagainya. dan pastikan juga link tersebut aktif. jika ada ada link tidak aktif, cara cek link tidak aktif sudah saya postingkan ke blog ini. 

Jumlah kata
Untuk jumlah kata dalam postingan blog usahakan terus untuk terus banyak kata, tapi jangan terlalu banyak ngalor ngidulnya ya, seperti blog ini.
Karena google lebih senang dengan para blogger yang benar-benar konsisten dalam membuat artikel, dan tidak pelit dengan ilmu yang disampaikan dalam artikelnya. 
Minimal jumlah kata yang disarankan adalah 300 kata, kalau bisa sampai ribuan. ini menjadi pertimbangan google juga. Untuk menghitung jumlah kata bisa anda kunjungi website https://www.orion-services.biz/, atau anda bisa googling sendiri. Banyak website yang menyediakan menghitung kata secara online.


Itulah 4 tips yang diberikan sobat blogger saya, yang menurut saya beliau sudah sangat senior dibidangnya, siapa dia ?.. demi menjaga kode etik dan jurnalistik tidak saya sebutkan di blog ini. ha ha ha.

Jadi kesimpulannya adalah :
Terus berkarya dengan artikel-artikel bermanfaat anda, The Power Of Repeting 
Jangan terlalu pusing dengan keyword-keyword anda, terus saja membuat artikel
Gali terus potensi anda dan tuangkan kedalam artikel-artikel blog anda.

Hindari berbuat curang dengan google, seperti copas blog orang lain, blackheat dan lainnya

Ubah mindset anda, bahwa artikel anda semata-mata hanya untuk berbagi ilmu, buang pikiran ngeblog hanya untuk mendapatkan dollar dari google. Karena dengan sendirinya kalau anda rutin update artikel dan serius dibidang anda, saya yakin rezeki itu akan datang dengan sendirinya. Biarpun mungkin rezekinya dalam bentuk lain atau bukan melalui blog. Tapi paling tidak anda sudah mendapatkan pahala jika membagikan ilmu yang bermanfaat pada artikel blog anda.

Jangan pernah mudah menyerah, segala sesuatu pasti ada hasilnya. Seperti blog ini, jika anda sudah membaca sampai disini. berarti anda benar-benar serius belajar tentang blog... he he he.

Jangan lupa terus berdo'a agar usaha anda bisa menjadi berkah, semoga menjadi manfaat buat semuanya. Jika ada kekurangan didalam analisa pada perubahan algoritma google ini, silakan komen dibawah. Dilain waktu jika ada perubahan lagi semuga saya bisa terus update. Mohon do'a nya

Pilihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel