Bagaimana menjadi Blogger Sukses ? (Pemula)

Semakin berkembangnya dunia digital, maka semakin terbuka juga berbagai peluang di dalam dunia maya ini, banyak sekali pebisnis mulai mengembangkan usahanya melalui online. Dari yang sekedar coba-coba hingga benar-benar terjun langsung atau fulltime berbisnis di dalam dunia digital.
Salah satu yang akan admin bahas di dalam blog ini adalah bagaimana menjadi blogger sukses ?
Menjadi catatan penting ternyata di dunia ini tidak ada yang berhasil sukses menggapai sesuatu tanpa pengorbanan dan perjuangan yang keras, ditengah komptetisi yang semakin hari semakin ketat, terutama para blogger pemula yang baru memulai, sama seperti blog admin ini. Bagaimana tidak, dari dulu mengenal blog sebenarnya dari tahun 2007 kalau tidak salah, salah satu blog yang pertama kali admin buat adalah itankjs.wordpress.com. Tapi apa hendak dikata blog tersebut sekarang sudah di blokir oleh wordpress, kurang tahu apa penyebabnya, tapi rasanya dulu sering main backlink dengan cara blackheat.

Setelah di blokirnya blog itankjs.wordpress.com sempat vakum beberapa tahun. dan kecewa alias tidak mau nge-blog lagi. Tapi ada rasa menyesal rasanya mengabaikan blog tersebut, dikarenakan sekarang udah banyak blog temen-temen yang dulu bareng buat, sekarang sudah sangat menjadi blog yang sukses dan bahkan menjadi orang yang ternama, hingga di panggil menjadi pembicara - pembicara internasional dalam hal blog.

Tapi apalah daya, nasi sudah menjadi bubur. kenangan hanya tinggal kenangan tak perlu disesali lagi. Akan tetapi banyak sekali makna atau pelajaran yang dapat admin teman-teman blogger sukses tersebut.
Sekarang admin kembali memulai dari NOL, dan masih perlu banyak belajar lagi. terutama dalam masalah mencari keyword, dan pengolahan tata bahasa dalam menulis.
Salah satu blog admin yang bertahan saat ini, ya blog ini. Ada satu lagi blog yang terus admin kelola yaitu blog penjualan aplikasi
Ya baca saja blog ini masih belepotan dalam pengetikan dan tata bahasa yang digunakan, maklum saja nilai bahasa indonesia saya kecil waktu di SMK., ha ha ha.

Baca Juga : Fungsi dan Cara membaca Statistik pada Blogspot

Terutama untuk blogger pemula yang ingin belajar memulai blog, hingga bisa menghasilkan dari blog tersebut, dari catatan admin. admin coba rangkum beberapa pondasi yang kuat untuk coba sedikit memberikan tips yang harus di pahami dan dipraktekkan. Kenapa pondasi yang kuat ? pepatah mengatakan " Jika ingin membangun rumah yang kokoh, bertahan puluhan tahun, bahkan sampai anak cucu, buatlah pondasi rumah yang kuat agar tidak mudah di goyahkan oleh terjangan badai".

Tanpa ba bi bu lagi ini tips nya buat blogger pemula

1.  Tentukan nice content yang sesuai dengan pribadi anda. Jadilah Diri Anda Sendiri


Banyak sekali blogger pemula di luaran sana yang tidak banyak mengerti tentang nice content, nice content adalah materi apa yang ingin anda suguhkan di dalam blog tersebut.
Ya, tentunya materi yang sesuai dengan apa yang anda bisa, jangan sampai anda terkecoh dengan blogger-blogger yang sudah mahir bahkan sudah sukses kelas kakap di bidang blogger. Apalagi sampai mencomot artikel mereka.
Sebisa mungkin anda harus mengeluarkan ide anda sendiri tentang content apa yang akan di sajikan di dalam blog anda. Misal :
Anda hobi mengotak-atik komputer, mungkin anda bisa membuat blog dan di isi dengan content-content komputer yang anda pernah lakukan, buatlah artikelnya atau tutorialnya dan postingkan di blog anda.
Anda Hobi mancing, maka buatlah artikel tentang memancing, mungkin anda bisa membuat blog tentang pengalaman, tips trik memancing. Dan usahakan tips trik tersebut memang pernah anda lakukan.
Anda bekerja di bidang perkayuan misalnya.. maka buatlah blog tentang perkayuan seperti contoh ada blog sangat menarik sekali tentang perkayuan yaitu blog http://hobikayu.com.

Sekali lagi jangan mudah terpancing dengan blog orang lain, apalagi blog yang terbilang sukses, Anda aka sulit untuk menyaingi mereka. Kecuali memang anda orang yang beruntung, Kalau tidak anda akan buntung... hahaha, karena menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan bagaimana meniru mereka.

Baca Juga : Tutorial SEO ON PAGE GOOGLE

2. Konsisten dengan Blog Anda


The Power of repeting kata ustad haikal hasan, kebetulan admin sering mendengar ceramah beliau di berbagai media.
Kekuatan untuk mengulang itulah the power of repeting, intinya adalah anda harus konsisten dengan blog anda. Dan sukai apapun yang anda tulis di blog anda. Jangan tergoda untuk meniru tulisan orang lain. Gunakan saja bahasa anda yang bisa anda gunakan.
banyak tips dan trik diluaran yang mengajarkan bagaimana dengan menulis dengan baik dan benar, menurut saya anda cukup menulis saja asal bisa di mengerti oleh pembaca. Menurut saya sah-sah saja anda belajar ke blog orang lain. akan tetapi jangan terlalu berpatokan dengan cara mereka.

Yang penting anda menulis saja terus, membuat saja artikel anda dengan senang hati, jangan pedulikan dengan content orang lain yang mungkin sangat menarik bagi anda. Dan sekali lagi buatlah content yang sesuai dengan blog anda. Nanti juga anda akan terbiasa dengan keadaan blog anda.
Jangan pernah menyerah untuk menulis, terus menulis, terus menulis, terus menulis, dan nantinya anda akan menemui sendiri karakter anda seperti apa dalam menulis.

Dari berbagai pengalaman yang admin dapatkan adalah, "Orang-orang yang sukses di blog adalah orang yang terbiasa setiap hari menulis artikel", dan tidak pernah berhenti. Insyaallah dalam satu tahun biasanya mereka sudah bisa menghasilkan di dalam dunia blogger.
Ya.. dalam satu tahun, kok tidak dalam satu bulan,.? 
Ibaratkan begini, jika anda bekerja apakah anda dalam satu bulan anda bisa langsung melejit menjadi direktur ?, mustahilkan ?..!! kecuali anda anak pemilik perusahaan, mungkin beda cerita.

Mengalahkan komptetitor di dalam Page ONE SEO on Google, tidak mudah bagi pemula apalagi tidak punya modal, "Kata jin "Ngimpi". Ha Ha Ha.

3. Harus keluarkan Modal.



Banyak cerita sukses yang bilang, kerja tidak harus pakai modal,, preeettt.. untuk zaman sekarang tidak bisa lagi anda seperti itu, jangan sayang mengeluarkan sedikit dana untuk memulai semua usaha anda, di dalam blogger minimal anda harus mengeluarkan dana untuk membeli domain TLD (top level domain).
Biaya internet, kalo tidak ada internet gimana mau bikin blog ?... hahaha, dan biaya-biaya lainnya yang sebenarnya kecil tapi terkadang terlewatkan, 
Dan jangan pelit atau perhitungan dengan apa yang sudah anda keluarkan untuk nge-blog, anggap aja biaya belajar, bukankah dulunya waktu anda sekolah SD, SMP, SMA mengeluarkan biaya ? dan sekarang anda bisa menikmati hasilnya dengan ijazah yang anda pegang. 

Apalagi blog pemula yang pasti akan banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan atau membangun blognya, tentunya anda harus punya celengan untuk membiayai hidup anda, sebelum blog anda menghasilkan uang, paling tidak selama 6 bulan anda harus investasi secara rutin di dalam mengerjakan blog anda. 

Jangan terpancing langsung resign jika anda bekerja offline, hanya untuk mengerjakan blog anda. Pelan-pelan aja.

4. Jangan pelit ilmu



Jika 3 point diatas dirasa anda sudah bisa, didalam pembuata artikel selanjutnya jangan pelit, jika anda pelit ilmu untuk berbagi atau anda postingkan di dalam blog anda, maka tidak ada guna nya juga, bukankah membagikan ilmu itu akan menambah ilmu anda juga ?, 
Jangan pelit ilmu juga, jika ada yang bertanya jangan sungkan jawab dengan sebenarnya yang anda tahu, jangan menyesatkan. 
Jangan merasa ilmu yang anda dapatkan, dan terus anda postingkan di dalam blog akan di ambil orang, anda harus ingat ini. bahwa "google adsense sebenarnya membayar orang yang mau berbagi ilmu". Itulah kuncinya, jadi all out aja nulis artikelnya.
Jangan pula sombong ya, mentang-mentang anda bisa di bidang anda,, anda tidak mau bertanya juga ke blog orang lain.
Jangan minder dengan artikel anda sendiri. takut tidak dibaca orang atau takut tidak enak dilihat orang, jangan pedulikan itu. Lanjutkan saja menulis, yang penting anda tuangkan apapun yang anda bisa tulis ke dalam blog.



5. Jangan pernah menyerah dan terus berdo'a


Walaun nge-blog bukanlah perkerjaan nyata, namun bisa menghasilkan. Jadi jangan pernah mudah menyerah jika diawal-awal tahun pertama anda tidak mendapatkan apa-apa. Karena sebenarnya segala sesuatu ada yang mengatur.
Tapi yakinlah Tuhan tidak Tidur, teruslah berdo'a meminta dengan yang kuasa untuk kuat mengerjakan nulis artikel.
Jika Ikhtiar sudah anda lakukan, dan do'a sudah anda sempurnakan maka serahkan semuanya pada yang kuasa.

So... Semoga bermanfaat, dan mengambil hikmanya.. enjoy aja

Pilihan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel